Koloni Rayap

Koloni Rayap – Rayap merupakan serangga sosial dengan pembagian kasta yang memiliki tugas berbeda-beda pada masing-masing kasta. Di daerah subtropik hewan ini sering disebut semut putih karena memiliki morfologi seperti semut. Padahal kenyataannya secara filogeni tidak ada hubungan antara rayap dengan semut.

Jasa Pembasmi Rayap / Termite Control – Hp/Wa 0851 0072 1040 www.pestcontrolid.com

Mirip dengan lebah dan semut, Koloni Rayap terdiri dari tiga kasta utama yaitu rayap reproduktif, rayap prajurit dan rayap pekerja.

Rayap Reproduktif

Tugas Rayap reproduktif adalah melakukan reproduksi, menemukan tempat baru untuk koloni, dan menjaga serta memberi makanan pada spesies-spesies yang lahir dalam koloni baru. Rayap reproduktif ini terdiri dari ratu yang memiliki abdomen (perut) lebih besar dari pada raja.

Tugas raja (jantan) adalah membuahi betina, sedangkan tugas ratu (betina) adalah berkembangbiak atau bertelur.

Terdapat dua macam kasta reproduktif yaitu Rayap reproduktif primer dan kasta reproduktif suplementer. Rayap reproduktif primer merupakan betina dan jantan yang integumern tubuhnya tersklerotisasi, terpigmentasi, dan berkembang dari jenis spesies yang bersayap atau laron (makroptera). Jika mereka mati maka koloni akan membentuk ratu dan raja baru dari individu lain yang biasanya berasal dari kasta pekerja. Ratu dan raja baru ini disebut Rayap reproduktif suplementer.

Jasa Pembasmi Rayap / Termite Control – Hp/Wa 0851 0072 1040 www.pestcontrolid.com

Rayap Prajurit

Rayap prajurit memiliki ukuran kepala yang besar dan bentuk tubuh yang kekar. Tugas dari kasta prajurit ini adalah melindungi koloni terhadap gangguan dari luar. Rayap prajurit ini menyerang musuh menggunakan mandibel atau capit yang dapat menusuk, mengikis, dan menjepit musuh. Mandibel yang dimiliki kasta prajurit ini dapat menjepit musuh secara menyilang dan sangat kuat sehingga tidak dapat terlepas dari tubuh musuh.

Rayap pekerja

Rayap perkerja merupakan Rayap yang paling banyak jumlahnya dalam satu koloni. Rayap ini juga memiliki mandibel seperti kasta prajurit namun ukurannya relatif lebih kecil. Rayap pekerja memiliki tugas untuk mencari makan, memberi makanan Rayap lain, merawat telur, membersihkan telur, membersihkan tubuh Rayap prajurit dan Rayap reproduktif, serta membuat dan merawat sarang. Selain itu, kasta pekerja juga memiliki tugas untuk memakan rayap yang tidak produktif lagi baik dari kasta prajurit, kasta reproduktif maupun dari kasta perkerja sendiri.

Kerusakan yang biasanya ditimbulkan pada perabot kayu biasanya disebabkan oleh Rayap pekerja ini.

Pada umumnya penggolongan rayap berdasarkan pada lokasi tempat tinggal atau lokasi sarang utama dibuat. Jenis-jenisnya berdasarkan lokasi sarang meliputi:

Jasa Pembasmi Rayap / Termite Control – Hp/Wa 0851 0072 1040 www.pestcontrolid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *